Tuesday, May 17, 2011

Tangkuban Parahu Crater: The Legend of Sangkuriang

Oke, trip ke Tangkuban Parahu ini sebenarnya sangat singkat dan jujur saja saya bingung harus bercerita dari mana.

Kebetulan hari ini, orang tua saya sedang berkunjung ke tempat tinggal saya sekarang yaitu Jatinangor. Kedatangan mereka kesini tentu saja bukan tanpa alasan, mereka ingin berjalan-jalan sejenak. Karena mereka belum pernah mengunjungi Tangkuban Parahu (dan begitu juga saya), maka saya mengajak mereka kesana.


A panoramic photographs taken by me


Rute ke Tangkuban Parahu cukup mudah, terus saja menuju Lembang dan ikuti penunjuk arah yang ada. Jalannya memang lumayan berkelak-kelok tapi tidak terlalu memusingkan. Perlu dimaklumi karena daerah ini merupakan daerah wisata yang cukup terkenal, banyak sekali retribusi yang perlu kami bayar selama perjalanan menuju Tangkuban Parahu. Begitu anda mencapai pintu gerbangnya pun, banyak sekali orang lokal yang akan menawarkan anda angkutan untuk sampai di Tangkuban Parahu (karena untuk mencapai ke Tangkuban Parahu tidak ada angkutan umum). Saya kurang tahu berapa tarifnya karena saya menggunakan kendaraan pribadi, tetapi saya cukup banyak mendengar cerita dari teman ataupun saudara yang sering ditawarkan tarif dengan harga sangat mahal alias tidak masuk akal, sehingga banyak yang kecewa dengan fasilitas wisata disini.


Teman baik saya, Fransiska.


Sesampainya di Tangkuban Parahu, anda akan disuguhkan pemandangan pegunungan yang berwarna keabu2an dan sedikit pohon-pohon hijau yang tidak terlalu tinggi. Yang dapat anda saksikan disini hanyalah Kawah Tangkuban Parahu ini. Di kawasan wisata ini juga disediakan semacam museum Tangkuban Parahu, yang sedikit banyak menceritakan tentang proses alamiah terbentuknya kawah Tangkuban Parahu dan mitos yang sering dikaitkan dengan Tangkuban Parahu. Saya yakin sudah banyak sekali yang mengetahui mitos tersebut dan dengan sangat mudah dapat anda temukan di Google.


Saya dengan latar belakang Kawah Tangkuban Parahu


Seperti yang sudah kalian baca, tidak terlalu banyak yang bisa saya ceritakan mengenai Tangkuban Parahu. Bagi anda yang belum pernah kesana, kunjungilah Tangkuban Parahu untuk menghilangkan rasa penasaran anda pada mitos Sangkuriang yang sudah anda kenal dari sejak kecil.




No comments:

Post a Comment

Thank you :)