Tuesday, February 22, 2011

Small Beach, Big Waves: Batu Karas Beach

Kali ini saya akhirnya bisa mengunjungi Pantai Batu Karas, Ciamis, Jawa Barat. Lokasi Pantai Batu Karas tidak terlalu jauh dari Pantai Pangandaran dan Green Canyon. Pantai Batu Karas ini lokasinya agak lebih jauh dan terpencil dibanding pantai-pantai lain di sekitar garis pantai selatan ini.




Pemandangan di Pantai Batu Karas


Liburan kali ini tidak sengaja terjadi karena orang tua saya akan menghadiri acara reuni angkatan jurusan IPB di Banjar. Ibu saya mengatakan bahwa Banjar itu sudah sangat dekat dengan Ciamis, dan saya langsung kepikiran untuk mampir ke Pantai Batu Karas. Orang tua saya bersikeras mengajak saya dalam acara reuni ini, sebenarnya kalau dipikir-pikir akan sangat membosankan. Isinya orang tua semua, tidak ada yang seumuran, bahan pembicaraan pun hanya bikin saya garuk-garuk kepala. Lebih baik saya tidak ikut. Tetapi karena lokasi acara reuni ini sedikit lagi sampai di Batu Karas, akhirnya saya mau ikut dengan sedikit syarat, yaitu bisa disempatkan untuk pergi ke Pantai Batu Karas.


Bebatuan di Pantai Batu Karas


Dari Banjar ke Pantai Batu Karas ternyata masih memakan waktu 3 jam. Kondisi jalanannya tidak selalu mulus, masih ada beberapa jalanan yang tidak beraspal. Beberapa kali kami melewati lokasi wisata pantai lain seperti Pantai Pangandaran, Pantai Batu Hiu, Pantai Karang Nini, dan sepertinya ada beberapa wisata pantai lain. Namun karena saat itu hari sudah agak sore, Orang Tua saya ingin cepat-cepat sampai ke Pantai Batu Karas.


Pasir Kecoklatan di Pantai Batu Karas


Saya dan keluarga akhirnya tiba di Pantai Batu Karas pukul 15.00. Situasi Pantai Batu Karas saat itu bisa dibilang cukup ramai, ada beberapa grup wisata yang menggunakan bis besar dan beberapa keluarga yang sedang berlibur. Sebenarnya Pantai Batu Karas tidak seperti yang saya bayangkan pada awalnya. Saya pikir Pantai Batu Karas itu luas, tapi ternyata termasuk kecil. Memang banyak tebing-tebing bebatuan disisi Pantainya dan ditambah dengan pohon-pohon rimbun yang berwarna hijau dan agak kemerahan. Kecil, tapi menarik. Itulah Batu Karas. Airnya pun jernih. Pasirnya memang tidak putih bersih, pasirnya berwarna kecoklatan namun karena airnya jernih, saya rasa Pantai Batu Karas ini termasuk masih bersih.


Ombak Pantai Batu Karas


Saya dan keluarga memutuskan tidak menginap karena masih ada beberapa kegiatan yang menunggu kami di rumah. Sebenarnya agak kecewa karena saya tidak bisa berlama-lama menikmati keindahan Pantai Batu Karas. Masih banyak spot-spot yang bisa saya capai untuk mengambil beberapa foto yang indah, tapi karena keterbatasan waktu dan keterikatan kepada orang tua saya tetap pulang. Oh ya, bagi anda yang suka surfing, ombak di Batu Karas ini lumayan besar dan merupakan salah satu tujuan bagi para turis mancanegara. Saat saya datang kemari, termasuk banyak turis mancanegara yang sedang surfing.

Sekedar catatan, perjalanan pulang-pergi Bogor-Batu Karas mencapai 910 km. Perjalanan ini bisa dibilang cukup melelahkan. Namun bagi anda yang ingin berwisata ke Batu Karas, luangkanlah waktu dan pastikan anda menikmati semua keindahan Batu Karas.






8 comments:

Thank you :)