Monday, March 30, 2009

Earth Hour



Apa sih earth hour itu? Kayanya kok sekarang lagi sering banget dibicarain yah? Bahkan Gubernur DKI Jakarta, Fauzi Bowo, mengatakan mendukung gerakan ini, jadi di Jakarta pada pukul 20.30 - 21.30 WIB secara serentak akan menikmati kehidupan dalam kegelapan (walau hanya 1 jam saja ya...).

Jadi, earth hour itu adalah aksi 'mematikan lampu-lampu dan alat listrik lainnya selama 1 jam, dari pukul 20.30 - 21.30 WIB'. Earth our ini diadakan Sabtu, 28 Maret 2009 dan pada tahun berikutnya. Program ini adalah salah satu tindakan atas adanya pemanasan global, dengan salah satunya yaitu mengurangi penggunaan listrik.

Well, kenapa sih harus 60 menit? Mungkin sebenarnya sudah banyak upaya dari Pemerintah secara nasional maupun internasional untuk mengurangi pengurangan listrik di dunia. Beberapa waktu lalu, Indonesia memadamkan listrik pada waktu-waktu tertentu dan digilir pada setiap kota. Aku juga pernah ngerasain pemadaman listrik di Jatinangor. Sebenernya ya aku keseeeeeeeel banget, duh mending aku tau tuh jam berapa aja pemadaman listrik dilakukan. Kadang lagi ngerjain tugas, lagi ngapain kek yang emang harus pake listrik, tau-tau JEPRET! aja gitu mati. Kan ga enak juga, apalagi Jatinangor yang mayoritas penduduknya itu pelajar. Hampir semua kegiatan yang ada di Jatinangor itu cenderung ke aktifitas anak kuliah pada umumnya. Bahkan sampe sehari sebelum UTS pun ada pemadaman listrik sampe malam, yang alhasil aku ga belajar sama sekali.

Nah bagi aku, earth hour ini lebih efektif dibandingin pemadaman listrik sebelumnya. Secara jelas, seluruh masyarakat akan mematikan lampu-lampu dan alat listrik lainnya hanya pada pukul 20.30 - 21.30 WIB. Mungkin memang hanya 1 jam, namun apabila dilakukan setiap tahunnya, dampaknya akan terasa bagi kita semua (Insya Allah, amiiin).

Mungkin ada beberapa orang yang skeptis terhadap tindakan yang hanya 60 menit ini. Kalau kata aku, daripada mengkritik terus upaya-upaya dunia demi pemanasan global, kenapa tidak kita ikut berpartisipasi dalam earth hour, toh yang ngerasain dampaknya kita semua kan? Cuma 60 menit kok, daripada ngerasain berjam-jam pemadaman listrik yang bikin kita kesel.

Jadi teman-teman, aku juga orang yang boros listrik. Di kosan punya dispenser, rice cooker, kipas angin, laptop, speaker, dll. Tapi setidaknya earth hour adalah bentuk yang paling mudah bagi seluruh masyarakat untuk berpartisipasi dalam masalah pemanasan global. Ayo kita berusaha bersama-sama demi bumi kita sendiri!

No comments:

Post a Comment

Thank you :)